Utama e-jurnal

Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Pengantar Pendidikan

fakultas :
Keguruan & Ilmu Pendidikan
pengarang :
Irna Syafe'i , Winaria Lubis, Anissa Septiani
tanggal :
Juni 2020
seri :
Volume 8 No 02, Juni 2020
issn :
2301-4563

Permasalahan perilaku mahasiswa menjadi ketertarikan penulis untuk mengangkat dugaan tentang kecerdasan emosional yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa. Penelitian survei dengan analisis pengaruh antara variabel kecerdasan emosional dengan variabel hasil belajar mata kuliah pengantar pendidikan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengantar Pendidikan. Populasi penelitian pada mahasiswa FKIP universitas Tama Jagakarsa. Sampel penelitian dilakukan dengan tehnik purposive sampling berdasarkan mahasiswa yang mengembalikan instrumen kuesioner kecerdasan emosional sejumlah 34 orang mahasiswa. Data primer untuk variabel kecerdasan emosional dan data sekunder untuk hasil belajar mata kuliah Pengantar Pendidikan berdasarkan nilai UAS (Ujian Akhir Semester, Tahun Akademik 2019-2020). Untuk menganalisis hasil pengaruh menggunakan analisis produk moment pearson. Temuan penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mata kuliah pengantar Pendidikan dengan rata-rata skor sebesar 78,12, termasuk dalam kategori sedang yaitu besar 55,9%, dan kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa. Analisis temuan bahwa jika mahasiswa memiliki kecerdasan emosional tinggi, maka capaian hasil belajar yang tinggi pula, dan mahasiswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah akan memiliki hasil belajar yang rendah.

kata kunci :
Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar

Bootstrap
alamat : Jln. Letjen T.B. Simatupang No.152 Tanjung Barat Jagakarsa - Jakarta Selatan 12530 telp : (021) 7890 634, 789 0965, 788 31838 fax: (021) 789 0966

© 2024 utama All Rights Reserved