Utama e-jurnal

Kemampuan Mengembangkan Karangan Narasi Berdasarkan Teks Wawancara Pada Tugas Mahasiswa

fakultas :
Keguruan & Ilmu Pendidikan
pengarang :
Ardiani Yulia , Dasmay Sena Saragih
tanggal :
Februari 2022
seri :
Volume 10 No 01, Februari 2022
issn :
2301-4563

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kemampuan mengembangkan karangan narasi mahasiswa berdasarkan teks wawancara. Penilaian terdiri dari dua aspek: substansi dan kebahasaan. Aspek substansi meliputi susunan kronologis tulisan narasi dan kesesuaian isi narasi dengan teks wawancara. Aspek kebahasaan meliputi ejaan, pilihan kata (diksi), kalimat efektif, dan susunan paragraf. Data penelitian ini adalah tulisan narasi yang ditulis oleh 39 mahasiswa/peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah wawancara terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rerata nilai dalam menyusun kronologis berkategori baik, yaitu 83. Rerata nilai untuk menyesuaikan isi narasi dengan teks wawancara berkategori baik, yaitu 70. Rerata nilai menggunakan ejaan berkategori kurang, yaitu 50. Rerata nilai kemampuan peserta didik dalam menggunakan diksi berkategori kurang, yaitu 60. Rerata nilai menggunakan kalimat efektif berkategori kurang, yaitu 50. Rerata nilai dalam menyusun paragraf berkategori sangat kurang, yaitu 40.

kata kunci :
Karangan Narasi, Teks Wawancara

Bootstrap
alamat : Jln. Letjen T.B. Simatupang No.152 Tanjung Barat Jagakarsa - Jakarta Selatan 12530 telp : (021) 7890 634, 789 0965, 788 31838 fax: (021) 789 0966

© 2024 utama All Rights Reserved