Penelitian ini bertujuan untuk mencari suatu metode/strategi pembelajaran yang efektif, aktif, dan efisien dalam mengajar pada materi membaca dengan metode SCL (Student Centered Learning). Model tersebut dirancang dengan cara mengaktifkan peserta didik pada proses pembelajaran. Strategi dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, sedangkan untuk mengaktifikan peserta didik dalam penelitian ini peneliti membaginya menjadi lima kelompok dan setiap kelompok diberikan lembar kerja yang terdiri dari lembar kerja kelompok dan lembar kerja mendiri. Hal tersebut bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan individu mapun kelompok. Subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah mahasiswa PBSI FKIP Universitas Tama Jagakarsa.
Penelitian dilakukan dimulai dengan kondisi awal peserta didik yang diukur melalui alat tes tertulis. Hasil penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus dan hasil akhir menunjukkan terjadi peningkatan terhadap penguasaan materi membaca. Pembelajaran membaca pada kondisi awal dengan rerata nilai 5,00. Di siklus I terjadi peningkatan dengan rerata nilai 54,80. Setelah diterapkan siklus II terjadi peningkatan yang signifikan, yaitu 77,20. Dengan demikian metode SCL (Student Centered Learning) dapat meningkatkan hasil belajar membaca mahasiswa PBSI FKIP Universitas Tama Jagakarsa.
kata kunci :
Metode SCL, Hasil Belajar, Ketrampilan Membaca