Ketertarikan penulis mengkaji permasahan disiplin kerja sangat erat kaitannya dengan hasil yang diperoleh dari suatu organisasi. Kepala sekolah sebagai pimpinan dalam satu organisasi atau lembaga pendidikan harus memiliki kualifikasi profesional. Tuntutan tugas profesi kepala sekolah memimpin organisasi sekolah, diharapkan terjadinya kepemimpinan efektif kepala sekolah. Untuk itu, penelitian ini bertujuan pada: 1) mengetahui besaran rata-rata tanggapan guru-guru tentang penerapan disiplin dan kepemimpinan efektif kepala sekolah dan 2) mengetahui pengaruh penerapan disiplin terhadap efektivitas kerja. Sampling ditentukan secara proporsive sampling dengan mempertimbangkan akses mahasiswa yang ikut penelitian adalah menjadi guru di sekolah SMP Pasar Minggu. Responden ada 14 orang guru dan 2 orang tenaga kependidikan. Variabel penelitian adalah penerapan disiplin dan efektivitas kerja kepala sekolah yang dipersepsikan oleh responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil perolehan skor penerapan disiplin dengan rata-rata sebesar 82,41 dan skor efektivitas kerja dengan rata-rata hitung 88,92. Temuan penelitian menyatakan terdapat pengaruh penerapan disiplin terhadap efektivitas kerja kepala sekolah dengan korelasi ry sebesar 0,622 dengan dikategorikan kuat atau sebesar 38,7% dan sisanya sebesar 61,3% dipengaruhi oleh faktor lain.
kata kunci :
Penerapan Disiplin, Efektivitas Kerja