Utama e-jurnal

Nilai Pendidikan Moral, Sosial, dan Budaya Pada Novel Dunia Kafka Karya Haruki Murakami

fakultas :
Keguruan & Ilmu Pendidikan
pengarang :
Dadi Waras Suhardjono , Ardiani Yulia, Rina SY, Manullang
tanggal :
Oktober 2020
seri :
Volume 8, No. 03, Oktober 2020
issn :
2301-4563

Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah analisis isi. Sumber data adalah novel Dunia Kafka cetakan ke-15. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik catat. Validitas yang digunakan adalah triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis mengalir (flow model of analysis) yang meliputi tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Prosedur penelitian yang dilakukan terdiri atas beberapa tahap yaitu pengumpulan data, penyeleksian data, menganalisis data yang telah diseleksi, dan membuat laporan penelitian. Temuan pada kajian novel Dunia Kafka, Haruki Murakami ingin menyampaikan nilai-nilai pendidikan yang sangat bermanfaat bagi para pembaca. Berdasarjan hasil analisis nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Dunia Kafka adalah (a) nilai pendidikan moral yaitu suatu nilai yang menjadi ukuran patut tidaknya manusia bergaul dalam kehidupan bermasyarakat, (b) nilai pendidikan sosial yaitu suatu kesadaran dan emosi yang relatif lestari terhadap suatu objek, gagasan, atau orang, dalam novel Dunia Kafka, (c) nilai pendidikan budaya yaitu pikiran atau akal budi, sedangkan kebudayaan adalah hasil kegiatan dan penciptaan batin manusia seperti kepercayaan,adat istiadat dan kesenian.

kata kunci :
Nilai Pendidikan, Moral, Sosial, Budaya

Bootstrap
alamat : Jln. Letjen T.B. Simatupang No.152 Tanjung Barat Jagakarsa - Jakarta Selatan 12530 telp : (021) 7890 634, 789 0965, 788 31838 fax: (021) 789 0966

© 2024 utama All Rights Reserved