Utama e-jurnal

Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Kemampuan Berbicara Mahasiswa Semester III

fakultas :
Keguruan & Ilmu Pendidikan
pengarang :
Murtini
tanggal :
Oktober 2020
seri :
Volume 8, No. 03, Oktober 2020
issn :
2301-4563

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode tanya jawab terhadap hasil belajar kemampuan berbicara mahasiswa semester III. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jumlah populasi 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh secara langsung di lapangan melalui kuesioner dan observasi. Data sekunder diperoleh dari data yang sudah diolah atau sudah tersedia melalui studi pustaka. Penelitian ini menggunakan regresi sederhana dengan serangkaian pengujian statistik. Hasil analisis yang telah dilakukan terhadap mahasiswa semester III menunjukan terdapat pengaruh positif dan signifikan dari metode tanya jawab terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, setiap terjadi perubahan satuan metode tanya jawab akan meningkatkan hasil belajar. Hasil regresi menunjukkan bahwa sebesar 43,2% dapat dijelaskan sementara sisanya 56,8% dijelaskan oleh variabel lain.

kata kunci :
Metode Tanya jawab, kemampuan berbicara, mahasiswa, PBSI

Bootstrap
alamat : Jln. Letjen T.B. Simatupang No.152 Tanjung Barat Jagakarsa - Jakarta Selatan 12530 telp : (021) 7890 634, 789 0965, 788 31838 fax: (021) 789 0966

© 2024 utama All Rights Reserved