Utama e-jurnal

Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama Melalui Metode Sumbang Saran & Teknik Latihan Terbimbing Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

fakultas :
Keguruan & Ilmu Pendidikan
pengarang :
Winaria Lubis , Wigilius Ndaang
tanggal :
Oktober 2021
seri :
Volume 9, No. 03, Oktober 2021
issn :
2301-4563

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan menulis naskah drama pada mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) dengan menggunakan metode pembelajaran Sumbang Saran. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengumpulan data karena memakai sistem Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini lembar observasi digunakan untuk membantu dalam pengelolaan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran brainstorming dapat meningkatkan kualitas dan hasil pembelajaran menulis naskah drama pada mahasiswa PBSI. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan keterampilan menulis naskah drama dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar setelah diterapkan metode sumbang saran dan teknik latihan terbimbing yaitu sebelum dilaksanakan tindakan sebanyak 12 mahasiswa atau 58,62%, Pada siklus I kemampuan menulis mahasiswa menulis naskah drama sebanyak 12 orang atau 72,96% dan pada siklus II sebanyak 26 orang atau 82,72%. Setelah dilihat dari siklus 1 dan siklus 2 dapat disimpulkan bahwa Metode Sumbang Saran dan Teknik Latihan Terbimbing efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis naskah drama.

kata kunci :
Sumbang saran, brainstorming, naskah drama, PBSI

Bootstrap
alamat : Jln. Letjen T.B. Simatupang No.152 Tanjung Barat Jagakarsa - Jakarta Selatan 12530 telp : (021) 7890 634, 789 0965, 788 31838 fax: (021) 789 0966

© 2024 utama All Rights Reserved