Utama e-jurnal

Perbedaan Agresi Remaja Yang Bermain Game Online Yang Bertema Kekerasan Dan Remaja Yang Bermain Game Online Bertema Bukan Kekerasan

fakultas :
Psikologi
pengarang :
Friska Marina, Mia Anita Lestari, Hanrezi Dhania
tanggal :
Juni 2015
seri :
Juni 2015
issn :
2301-5582

        Perkembangan teknologi yang semakin pesat mempengaruhi gaya kehidupan yang semakin modern termasuk perkembangan di dunia game. Dimana game terus berevolusi mulai dari game konsol menjadi game online. Dan kemudahan akses game online di kalangan remaja Indonesia tidak hanya memberi dampak positif bagi remaja namun juga memperbesar potensi kerugian bermain game online dalam hal ini pada agresi remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan agresi remaja pemain game online bertema kekerasan dan remaja pemain game online bertema bukan kekerasan. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan alat ukur Aggression Questionnaire yang telah dikembangkan oleh Buss & Perry (1992) serta Buss dan Warren (2000). Pengambilan data dengan metode ex post facto. Partisipan penelitian ini adalah 62 remaja laki-laki dan 38 remaja perempuan berusia 13 – 17 tahun. Dari hasil analisis Independent Sample T-Tes diperoleh nilai t sebesar 2,145 dan signifikan pada LOS 0,05. Artinya, ada perbedaan yang signifikan pada agresi remaja yang bermain game online yang bertema kekerasan dan remaja yang bermain game online bertema bukan kekerasan.

kata kunci :
agresi, game online, remaja

Bootstrap
alamat : Jln. Letjen T.B. Simatupang No.152 Tanjung Barat Jagakarsa - Jakarta Selatan 12530 telp : (021) 7890 634, 789 0965, 788 31838 fax: (021) 789 0966

© 2024 utama All Rights Reserved
http://167.86.71.230/, http://178.18.249.241/, http://144.91.78.201/, http://144.91.78.54/, http://158.220.111.56/, http://62.171.152.84/, http://144.91.113.160/, http://144.91.120.67/, http://164.68.102.56/, http://164.68.106.236/, http://167.86.81.239/, http://84.247.149.165/, http://38.242.243.12/,