Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dengan perilaku menyontek pada siswa SMK. Perilaku menyontek merupakan upaya-upaya yang dilakukan seseorang dengan cara tidak fair (tidak jujur) untuk mendapatkan nilai yang baik. Sedangkan self efficacy adalah keyakinan individu terhadap kemampuan yang dimilikinya untuk dapat mencapai keberhasilan yang diharapkan.hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara self efficacy dengan perilaku menyontek pada siswa SMK. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 250 siswa dari kelas XI SMK bunda kandung. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah non probability sampling atau non random sampling dengan teknik pengambilan sampling menggunakan accidental sampling terhadap 54 siswa. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Alat ukur yang digunakan dalam pengambilan data adalah skala self efficacy yang diadaptasi dari Ralf Schwarzer dkk dan skala perilaku menyontek. Teknik analisis datanya Mengunakan Uji Korelasi Product Moment dari Pearson dengan Bantuan SPSS Versi 16.00. Hasil penelitian ini adalah ada hubungan yang negatif antara self efficacy dengan perilaku menyontek pada siswa SMK Bunda Kandung dengan korelasi sebesar r = -0.391 dan p = 0.002.
kata kunci :
self efficacy, perilaku menyontek