Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan sumber data primer. Penelitian menguji hubungan antara Trait Kepribadian Lima Besar (sebagai variabel bebas) dengan Perilaku Bullying (sebagai variabel terikat). Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XII sebuah SMK di Jakarta Selatan, sebanyak 100 s iswa. Kuesinoner yang diadaptasi dari My Life in School checklist (Aurora, 2004) dan NEO-PI Inventory (Costa & Mc Crae, 2003) digunakan sebagai alat ukur.
Hasil analisis menggunakan teknik korelasi produk moment (Carl Pearson) dengan bantuan program SPSS 21.00 for windows, diperoleh lima korelasi (r) antara Trait Kepribadian Lima Besar (Neuroticism, Ekstraversion, Opennes to Experience, Conscientiousness dan Agreebleness) dengan Perilaku Bullying. Dua trait menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara trait kepribadian lima besar dengan perilaku bullying pada siswa yaitu Conscientiousness dan Agreeableness. Sementara tiga trait lainnya, yaitu Neuroticism, Extraversion dan Opennes to Experience, tidak memiliki korelasi yang signifikan. Kesimpulan dan diskusi terlampir.
kata kunci :
Perilaku Bullying, Trait Kepribadian Lima Besar, Kuantita