e-jurnal

Hubungan Motivasi Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas VIII MTsN Lampahan, Bener Meriah, Aceh.

fakultas :
Psikologi
pengarang :
Rizkia Shaulita, Hanrezi Dhania, Sukarti Retno Palupi
tanggal :
Juni 2014
issn :
2301-5582

        Motivasi merupakan salah satu modal penguat dalam sebuah proses, salah satunya dalam proses  belajar  mengajar. Siswa yang memiliki motivasi belajar yang baik akan berusaha untuk mempertahankan fokus pada proses belajar, mencari berbagai strategi untuk menguasai materi dan tidak menyerah ketika menemui banyak kendala dalam belajar. Semua usaha tersebut bertujuan untuk mendapatkan hasil belajar yang memuaskan. Penelitian ini mengangkat motivasi belajar bahasa inggris pada siswa MTsN Lampahan, Bener Meriah, Aceh karena dalam proses belajar bahasa Inggris siswa kerapkali mengalami kesulitan karena bahasa yang digunakan sehari-hari adalah bahasa Aceh dan bahasa Inggris masih dianggap sebagai bahasa asing yang sulit dipelajari sehingga motivasi siswa dalam belajar sangat dibutuhkan. Hasil dari motivasi belajar tersebut dapat terlihat pada prestasi belajar siswa yang tercermin dari nilai rapor siswa per semester. 

        Variabel bebas pada penelitian ini adalah motivasi belajar dan variabel terikat pada penelitian ini adalah prestasi belajar. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 115 orang. Dengan jumlah sampel uji sebanyak 30 orang dan jumlah sampel penelitian berjumlah 55 orang. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik cluster sampling yaitu pengelompokan sampel kemudian di undi dengan angka ganjil genap, dimana subjek yang mendapakan angka genap menjadi sampel penelitian ini. Berdasarkan hasil analisi data penelitian pada hipotesis motivasi belajar terhadap prestasi belajar, diperoleh hasil koefesien korelasi sebesar r= 0,597 atau 59,7%,   dengan p= 0,000 (<0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Ada hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas VIII MTsN Lampahan, Bener Meriah, Aceh” diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa motivasi memiliki hubungan terhadap prestasi belajar yang diperoleh oleh siswa sehingga semakin baik motivasi yang dimiliki oleh siswa dalam proses belajar mengajar maka akan semakin baik pula prestasi yang akan diperoleh.

kata kunci :
Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Bootstrap
alamat : Jln. Letjen T.B. Simatupang No.152 Tanjung Barat Jagakarsa - Jakarta Selatan 12530 telp : (021) 7890 634, 789 0965, 788 31838 fax: (021) 789 0966

© 2023 utama All Rights Reserved