Permasalahan perilaku mahasiswa menjadi ketertarikan penulis untuk mengangkat dugaan tentang kecerdasan emosional yang mempengaruhi hasil belajar. Penelitian merupakan penelitian survei dengan analisis pengaruh antara variabel. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengantar Pendidikan. Populasi penelitian pada mahasiswa FKIP universitas Tama Jagakarsa. Sampel penelitian dilakukan dengan tehnik purposive sampling berdasarkan mahasiswa yang mengembalikan instrumen kuesioner kecerdasan emosional sejumlah 34 orang mahasiswa. Data primer untuk variabel kecerdasan emosional dan data sekunder untuk hasil belajar mata kuliah Pengantar Pendidikan berdasarkan nilai UTS (Ujian Tengah Semester, Tahun Akademik 2019-2020). Untuk menganalisis hasil pengaruh menggunakan analisis Produk Moment Pearson. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa. Analisis temuan bahwa jika mahasiswa memiliki kecerdasan emosional tinggi, maka capaian hasil belajar yang tinggi pula, dan mahasiswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah akan memiliki hasil belajar yang rendah.
kata kunci :
Kecerdasan emosional, Hasil Belajar