Abstrak
Secara simultan dan langsung pelatihan kerja dan disiplin kerja petugas lapangan berpengaruh positip dan signifikan dengan kontribusi yang relative cukup kuat (60%) terhadap terciptanya kualitas pelayanan pengguna jalan tol. Secara parsial dan langsung pelatihan kerja petugas lapangan berpengaruh positip dan signifikan, namun lemah dan hanya mampu memberikan kontribusi sebesar (41%) terhadap terciptanya kualitas pelayanan pengguna jalan tol.
Secara parsial dan langsung disiplin kerja petugas lapangan berpengaruh positip terjadi secara signifikan, namun relatif lemah dan hanya mampu memberikan kontribusi sebesar (45%) terhadap terciptanya kualitas pelayanan pengguna jalan tol. Secara parsial dan langsung pelatihan kerja petugas lapangan berpengaruh positip juga terjadi secara signifikan, namun lemah dan hanya mampu memberikan kontribusi (35%) terhadap kepuasan pengguna jalan tol.
kata kunci :
Pelatihan, Disiplin Kerja, Kepuasan Pengguna dan Kualitas Pelayanan