Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Produk Extra Joss

Publish : 04 Oktober 2016 Fakultas : Keguruan & Ilmu Pendidikan

Keunggulan produk terletak pada keunikan dan kualitas yang ditunjukan oleh produk tersebut. Konsumen akan membeli dari perusahaan yang mereka yakini memberikan nilai bagi pelanggan (costuner delivered value) yang tertinggi. Nilai bagi pelanggan adalah selisih nilai pelanggan total dengan biaya pelanggan total. Untuk memilih pasar dan melayani konsumen dengan baik, perusahaan dapat menetapkan pasar sasaran mereka. Dalam pasar sasaran perusahaan atau pemasar membedakan segmen-segmen pasar utama, menentukan satu atau lebih segmen tertentu.
Tahapan dalam segmentasi pasar :
1. Identifikasi variabel segmentasi dan segmentasi pasar.
2. Pengembangan gambaran segmen yang dihasilakan.

Tahapan dalam penentuan pasar sasaran :
1. Evaluasi daya tarik masing-masing segmen.
2. Memilih segmen sasaran.

Tahapan dalam penentuan posisi asar:
1. Mengembangkan penetapan posisi masing-masing segmen;
2. Mengembangkan bauran pemasaran. Strategi segmentasi pasar Extra Joss :

A) Demografis, meliputi :
     1. Gender;
     2. Usia;
     3. Pekerjaan;

B) Geografis, meliputi :
     1.Wilayah;

C) Psikografis, meliputi :
     1. Gayahidup;
     2. Kepribadian;

D) Perilaku, meliputi :
    1. Kejadian;
    2. Manfaat;
    3. Tingkat Pemakaian.

Strategi Penetapan Pasar Sasaran Extra Joss memilih usia mulai 17th-23th, 24th-30th, 31th-40th. Strategi Positioning Produk menempatkan produk Extra Joss sebagai produk yang segar, muda dan kuat. Sebagai strategi awal memasuki pasar, kemudian setelah menjadi market leader, slogan citra diubah menjadi Biangnya Minuman Kesehatan, dimana kata biang menjadi positioning Extra Joss. Adapun logo, maka simbol tangan mengacungkan kepalan tangan, sambil berteriak merupakan lambang semangat tinggi dan dinamis.

Author: Dr. H.M. Noor Sembiring, SE, MM
Keywords: Segmentasi pasar, pasar sasaran, positiong produk, nilai bagi pelanggan, market leader, citra produk
Issue Date: Mei 2008
Publisher: Universitas Tama Jagakarsa
Series / Report no: ANALISIS EKONOMI UTAMA Jurnal Ekonomi Keuangan dan Manajemen Vol. II No. 2 Mei 2008, hal. 114 - 121
ISSN: 1978-1474
Appears in Collections: Ekonomi