Evaluasi Administrasi Kontrak dan Monitoring Pelaksanaan Proyek Konstruksi Pada Proyek Konsultan Manajemen Teknik Pedesaan Potensial

Publish : 24 Oktober 2016 Fakultas : Teknik

Dalam suatu proyek konstruksi terdapat 2 (dua) kegiatan penting yang harus berjalan paralel, mulai dari saat kontrak ditandatangani sampai kontrak tersebut berakhir yaitu kegiatan fisik dan administrasi kontrak. Administrasi kontrak diperlukan dalam setiap pelaksanaan kontrak. Pentingnya Administrasi kontrak bertujuan untuk memastikan bahwasanya pihak-pihak yang terkait dalam kontrak tersebut dapat memenuhi kewajiban sesuai dengan perjanjian. Infrastruktur perdesaan didefinisikan sebagai infrastruktur yang bersifat fisik dan memberikan akses terhadap pelayanan dasar maupun pelayanan sosial serta ekonomi bagi masyarakat pedesaan.
Untuk menyelesaikan permasalahan dalam penelitian Evaluasi Administrasi Kontrak dan Monitoring Pelaksanaan Proyek Pada Proyek Konsultan Manajemen Teknik Perdesaan Potensial, ada beberapa langkah yang dilakukan yaitu menentukan kerangka pemikiran, hipotesa, langkah dalam melakukan metodologi penelitian, dan data-data yang sedang dikerjakan oleh kontraktor. Konsultan Manajemen Teknik (KMT) dalam pelaksanaannya memantau dan mengendalikan pelaksanaan pembangunan infrastruktur secara administrasi, fisik dan keuangan pada 16 provinsi di 40 kota/ kabupaten dengan 110 paket kegiatan hingga selesai pelaksanaan kegiatan selama 8 (delapan) bulan dari awal Mei 2013 dan telah berakhir sampai dengan 25 Desember 2013.
Dari hasil memonitor kelengkapan dokumen administrasi dari seluruh Satker Provinsi di 16 Provinsi dan 40 Kabupaten Kota untuk 110 paket kegiatan sampai dengan 25 Desember 2013 ini KMT untuk kegiatan lelang dan tender kontraktor berjalan dengan baik. Begitupun dengan monitoring keuangan, semua anggaran dapat terserap untuk setiap paketnya. Namun, tidak demikian dengan progress fisik yang mengalami kendala dilapangan. Sampai akhir kegiatan KMT, progress keseluruhan adalah 95,94% yang artinya mengalami deviasi -4,05.

Author: Kumarul Aripin, Kristina Sembiring dan Sempurna Bangun
Keywords: Evaluasi, administrasi kontrak, infrastruktur perdesaan, perdesaan potensial, monitoring
Issue Date: April 2016
Publisher:
Series / Report no: Volume XI, Nomor 1
ISSN: 1978-001X
Appears in Collections: