Manfaat Peneyelesaian Sengketa Konsumen Luar Pengadilan

Publish : 26 Agustus 2020 Fakultas : Hukum Pengarang : Pandapotan Siagian

abstrak

Latar belakang masalah, sengketa kosnumen adalah sengketa yang terjadi antara konsumen dengan pelaku usaha. Masih banyak ditemukan peredaran produk yang tidak memberi rasa aman kepada konsumen. Sengketa konsumen dapat diselesaikan di pengadilan dan luar pengadilan. Permasalahan bagaimana penyelesaian sengketa konsumen dan prosedur mana yang lebih bermanfaat kepada para pihak. Kesimpulan, sengketa konsumen dapat diselesaikan di pengadilan melalui pengadilan niaga berlaku hukum acara perdata, sedangkan diluar pengadilan dilaksanakan melalui alternatif penyelesaian sengketa ( negosiasi, mediasi, konsiliasi) arbitrase dan BPSK. Penyelesaian sengketa konsumen luar pengadilan lebih banyak memberi manfaat, karena diselesaikan secara kekeluargaan, menghemat waktu dan biaya murah dan mencegah permusuhan dari para pihak.

Author: Pandapotan Siagian
Keywords: Penyelesaian Sengketa Konsumen, Manfaat
Issue Date: Agustus 2020
Publisher: Universitas Tama Jagakarsa
Series / Report no: Edisi Khusus, Nomor 1 Agustus 2020
ISSN: 1858-4551
Appears in Collections: Hukum