Evaluasi Dampak Penambahan Jumlah Gardu Gerbang Tol Untuk Memenuhi Standar Pelayanan Minimum (Studi Kasus Tol Cikarang Timur)

Publish : 29 Agustus 2020 Fakultas : Teknik Pengarang : Ahmad Novi Ernawan

abstrak

Berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 16/PRT/M/2014 Kecepatan Transaksi Rata-Rata Gerbang Tol terbuka maksimal 6 detik setiap kendaraan Untuk memenuhi standar pelayanan minimal jalan Tol sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 16/PRT/M/2014, sejumlah gardu tol (GT) Cikarang Utama akan dilakukan pembongkaran. Sampai dengan saat ini telah terjadi antrian sehingga rata-rata waktu pelayanan rata-rata pada gardu 1 dan gardu 2 adalah 16.0 detik/kendaraan dan 15.2 detik/kendaraan. Oleh karena itu langkah yang paling mudah adalah menambah jumlah gardu tol dari 2(dua) menjadi 3(tiga) atau 4(empat) buah.

Author: Ahmad Novi Ernawan
Keywords: Rata-rata waktu pelayanan, Tingkat pelayanan tol, Tingkat pelayanan tol, kedatangan kendaraan rata-rata per jam, Jumlah kendaraan dalam sistem
Issue Date: Agustus 2020
Publisher: Universitas Tama Jagakarsa
Series / Report no: Edisi Khusus, Nomor 1, Agustus, 2020
ISSN: 1978-001X
Appears in Collections: Teknik